Mikrotik Sebagain network Internet

Jaringan Komputer

Selasa, 22 April 2014

Cara Setting MikroTik Sebagai Gateway

Cara Setting MikroTik Sebagai Gateway

Cara Setting MikroTik Sebagai Gateway – Pada kali ini kita akan membahas tentang Cara Setting MikroTik Sebagai Gateway, dimana kita akan menghubungkan antara modem dengan MikroTik agar client bisa mengakses internet. Berikut adalah langkah-langkah untuk Konfigurasi gateway pada MikroTik.

Sebelum setting gateway pada MikroTik sebelumnya kita install MikroTik dan setting IP Address MikroTik untuk WAN dan LAN, kemudian baru kita setting gateway MikroTik berikut ini.

Setting MikroTik Sebagai Gateway

1. Menabahkan gateway

Untuk menambahkan gateway/modem kita gunakan dengan perintah “ip route add gateway=ip_modem” kemudian lihat dengan perintah “ip route print” lihat gambar berikut.

2. Menambahkan DNS

Untuk menambahkan DNS kita gunakan perintah “ip dns set servers=ip_dns,ip_dns2″ jika menggunakan lebih dari satu DNS gunakan tanda “,”, Jika klaian menggunakan versi lama ganti DNS untuk Primary DNS dan Secondary DNS, Kemudian lihat hasil konfigurasi dengan perintah “ip dns print”.

3. Setting NAT (Network Address Translation)

NAT disini berfungsi utuk mengijinkan jaringan LAN untuk akses internet, untuk setting NAT kita gunakan perintah “ip firwall nat add chain=scrnat action=masquarade out-interface=WAN” kemudian lihat hasil konfigurasinya “ip firewall nat print”.

Setting IP Address pada client

Sekarang kita setting IP Address client samakan segmen IP Address pada MikroTik untuk interface LAN berikut ini.

Jika sudah kita kembali ke clint kemudian tes dengan membuka CMD kemudian tes IP WAN dan LAN MikroTIk, tejuga IP gateway/modem kemudian ping ke-google sebagai berikut.

Jika sesuai diatas maka konfiigurasi gateway MikroTik berhasil.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar